[ Beranda - Galeri - Facebook - E-mail - Pimpinan - Mars & Lagu - Banner - Berkontribusi ]

Sunday, October 18, 2009

Pernyataan Sikap

PERNYATAAN SIKAP
DEWAN PIMPINAN PUSAT
IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH



HAPUS KEMISKINAN DI NEGERI INI, LEBIH SERIUS!

Tanggal 16 – 18 Oktober seluruh dunia menggelar aksi bersama untuk bangkit dan beraksi dari kemiskinan. Rentang waktu pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) tinggal 5 tahun lagi. Kesepakatan dari 189 negara ini belum memberikan titik cerah yang signifikan telah terjadinya berubahan besar-besaran terutama pada problem kemiskinan di negara-negara berkembang.


Pertumbuhan ekonomi Indonesia memang mengalami peningkatan agregat, akan tetapi problem kemiskinan untuk dituntaskan masih sangat jauh dari harapan. Problem kemiskinan ini tidak hanya berhenti pada persoalan memenuhi kebutuhan pokok, akan tetapi berimbas pada problem sosial yang lain seperti kekerasan, gizi buruk, perdagangan manusia dan lain sebagainya.

Pemerintah Indonesia mempunyai tanggungjawab besar untuk melakukan kebijakan yang pro terhadap penghapusan kemiskinan melalui segala bidang. Kebijakan yang dibuat dalam 5 tahun terakhir berkaitan dengan penghapusan kemiskinan perlu dilakukan pembenahan signifikan karena masih banyak yang justru mengarah pada kemiskinan tersistem yang lebih parah. Kebijakan tersebut antara lain tentang hutang Negara yang pelunasannya justru memerlukan 7 kali lipat dari anggaran pendidikan.

Oleh karena itu, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah menuntut :

1. Pemerintah lebih serius dalam upaya melakukan penghapusan kemiskinan dengan menelurkan kebijakan-kebijakan yang pro rakyat kecil, bukan kebijakan neoliberal.
2. Lepaskan Negara dari belenggu hutang haram, lalu membuat kebijakan yang tidak bersandar pada formula hutang luar negeri.
3. Pemerintah harus menguatkan posisi diantara Negara-negara di dunia terutama dalam bidang ekonomi-politik. Penguatan posisi di konferensi-konferensi dunia harus di dorong pada upaya serius negara maju untuk komitmen dalam penghapusan kemiskinan di Negara-negara berkembang. Problem kemiskinan terpengaruh oleh kebijakan global.
4. Pemerintah melakukan evaluasi terhadap program pemberdayaan kaum miskin dengan agar lebih efektif.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah mengajak kita semua untuk bergandengan tangan, menguatkan negeri untuk keluar dari kemiskinan.
Mari STOP KEMISKINAN!

Ketua Umum DPP IMM


Rusli Halim Fadhli


diambil dari sini pada 18 Oktober 2009 08:51WIB

No comments: