[ Beranda - Galeri - Facebook - E-mail - Pimpinan - Mars & Lagu - Banner - Berkontribusi ]

Tuesday, July 14, 2009

Workshop Ilmu Falak. Lagi?

Sudah hampir setahun, IMM Bogor bersama milis Muhammadiyah_Society mengadakan workshop Ilmu Falak. Workshop yang tahun lalu dilaksanakan menjelang Ramadhan, tepatnya tanggal 30/08/2008, menghadirkan Dr. Afifi Fauzi Abbas dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah dan Dr. Agus Purwanto, pakar ilmu astronomi yang juga doktor fisika teori alumni Universitas Hiroshima. Inti workshop adalah belajar melakukan perhitungan (hisab) waktu sholat dan penentuan awal bulan.

Jumlah peserta yang terbatas menjadikan workshop tersebut begitu menarik. Aura antusias peserta dan pembicara begitu terasa saat itu. Pembicara yang begitu semangat menerangkan kaidah dan dalil-dalil syar'i yang melatarbelakangi Muhammadiyah mengambl metode hisab dalam penentuan awal Ramadhan, Syawal, dan Hari Raya Idul Adha.

Di workshop yang berlangsung di UHAMKA kampus Limau, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Gus Pur, sapaan Dr. Agus Purwanto, memaparkan teori-teori dasar dalam ilmu falak mulai dari pengenalan istilah, koordinat, posisi bumi dan benda-benda angkasa, dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan praktek menghitung waktu sholat dan awal bulan.

Sayang memang, workshop tersebut cuma dilaksanakan satu hari. Beberapa peserta juga mengeluhkan hal yang sama. Menariknya materi yang dibahas rupanya menjadi salah satu alasannya. Tidak tanggung-tanggung, Gus Pur telah menyiapkan puluhan kalkulator scientific yang dibawanya langsung dari Surabaya. Pantas peserta tambah bersemangat.

Ilmu Falak jarang peminatnya. Namun menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk menguasainya. Ia harus tetap disebarluaskan ditengah umat yang semakin acuh terhadap agama dan ilmu pengetahuan.

Setelah hampir setahun yang lalu, kegiatan yang sangat bermanfaat ini digelar, apakah tahun ini akan dilaksanakan kembali? Apakah IMM Bogor siap menggelar acara serupa paling tidak untuk lokal Bogor? Menarik dicoba selagi masih ada waktu mempersiapkan.
Mendidik umat dengan ilmu, kemandirian dan kejayaan akan terwujud.
Tulisan ini dibuat setelah buka-buka arsip sini di muhammadiyah.or.id

Foto-foto klik
 
 
 
 

No comments: