[ Beranda - Galeri - Facebook - E-mail - Pimpinan - Mars & Lagu - Banner - Berkontribusi ]

Sunday, November 23, 2008

Perdana : Kajian Bahasa Arab

Syukur Alhamdulillah, IMM kota hujan jum'at malam kemarin berhasil mengadakan kajian Bahasa Arab, atau dalam bahasa santainya belajar bahasa Arab. Meskipun dengan keadaan yang masih kurang dari harapan, tetapi tidak menyurutkan semangat belajar bahasa Al Qur'an ini. Peserta tetap antusias berdiskusi. Pertanyaan-pertanyaan selalu keluar dari peserta kajian. Beginilah memang suasana belajar yang nyaman, selalu ada timbal-balik antara pengajar dengan peserta ajar.

Kajian dimulai Ba'da maghrib, tepatnya jam 19.00, dengan menghadirkan pengajar yang juga merupakan pengasuh panti asuhan putri Muhammadiyah Kota Bogor, ustadz Maizar. Ustadz lulusan LIPIA ini selalu semangat dalam memberikan materi-materi, dengan gaya khasnya tentunya. Contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa selalu digunakan untuk memudahkan peserta ajar memahami materi yang diajarkan. Jumlah peserta yang sedikit malah menjadikan suasana belajar semakin menarik dan hangat.

Tidak muluk-muluk memang materi untuk pertemuan perdana kali ini. Selain memang mengingat kembali bahasa arab, juga sebagai ajang pemanasan supaya tidak kaget. Maklumlah seluruh peserta kali ini memang dulu pernah belajar bahasa Arab, namun sudah 1-3 tahun tidak pernah menyentuh pelajaran itu lagi.

Dimulai dengan bab At Tahniyyah (التهنية) yang berarti ucapan selamat. Di bab ini diberikan contoh berbagai ucapan salam dan sapa. Diperkenalkan juga pembagian "kalimat" (الكلمة) dalam bahasa arab yang dapat diartikan "kata" dalam bahasa Indonesia. Kalimat dalam bahasa Arab dibagi menjadi tiga, yakni isim (إسم), fi'il (فعل), dan huruf (حرف).

Target output yang diharapkan dari adanya program ini adalah peserta ajar dapat membaca tulisan gundul dengan baik. Juga agar dapat menggunakan bahasa arab baik pasif maupun aktif. Target ini diturunkan dalam bentuk kompetensi minimal peserta ajar, yakni kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.

Program kajian Bahasa Arab ini terbuka untuk umum. Bagi yang tertarik, dapat hadir langsung :

Hari : Setiap Jum'at
Pukul : 19.00 - 20.30 WIB (ba'da maghrib)
Tempat : SD Negeri 1 Darmaga (pas pertigaan Bara depan, seberang Al Amin)
Kontak : Mizan (0813 1975 0132)

No comments: